Pin It

10 February 2020

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 11:53

Cara Mudah Bayar Pajak Kendaraan dari Rumah Dengan Aplikasi Sakpole E-Samsat

Siang ini saya akan membahas aplikasi Sakpole E-Samsat yang bisa digunakan warga Jateng untuk membayar pajak kendaraan cukup dari rumah menggunakan smartphone memanfaatkan jaringan internet tanpa harus antri di kantor Samsat. SAKPOLE sendiri kependekan dari Sistem Administrasi Kendaraan Pajak Online. Sebenarnya aplikasi Sakpole sudah lama diluncurkan oleh Pemprov Jateng, tapi berhubung masih belum banyak yang tahu ya saya ulas sekarang. Peluncuran aplikasi Sakpole sendiri dilakukan saat acara Car Free Day (CFD) di Jalan Pahlawan, Semarang, Minggu (25/11/2018), jadi sudah hampir 1,5 tahun lalu. Saat itu Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo meluncurkan aplikasi perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) online bernama Sakpole E-Samsat.


Ganjar berharap masyarakat dapat memanfatkan aplikasi Sakpole untuk mempermudah pembayaran pajak kendaraan tanpa harus datang dan antri di kantor Samsat. Jadi, orang yang akan bayar pajak kendaraan tidak perlu datang ke Samsat. Mereka cukup menggunakan gadgetnya dan bisa membayar dari rumah, Jateng Gayeng kan. Dan hebatnya lagi, aplikasi Sakpole E-Samsat ini dijadikan contoh nasional. 


Nah, untuk warga Jawa Tengah yang ingin menggunakan aplikasi Sakpole, aplikasi tersebut perlu di download dulu di play store. Adapun langkah-langkah penggunaannya seperti berikut ini:


1. Unduh aplikasi Sakpole E-Samsat versi 18 di play store
2. Pilih “Pendaftaran”
3. Isi data kepemilikan kendaraan dan KBM, yakni nomor polisi kendaraaan, NIK, dan nomor rangka kendaraan (5 digit terakhir)
4. Klik “Daftar”
5. Verifikasi kendaraan bermotor jika sudah benar dan klik “lanjut”
6. Jika data tidak benar klik “Batal” dan segera laporkan ke Samsat di mana kendaraan bermotor terdaftar 
7. Cermati besaran pokok denda, sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas, dan PNBP Pengesahan STNK
8. Jika setuju klik “Lanjut”
9. Pilih cara pembayaran dan banknya
10. Jika setuju klik “Dapatkan Kode Bayar”
11. Catat dan simpan kode bayar
12. Klik “Bayar”
13. Klik “Selesai” 

Pencarian Kode Bayar


1. Klik KODE BAYAR.
2. Masukkan nopol kendaraan bermotor.
3. Masukkan NIK.
4. Klik cari.
5. Klik BAYAR, bila Anda ingin melanjutkan ke proses pembayaran melalui fasilitas channel bank (internet banking, mobile banking atau SMS banking) yang bekerja sama.
6. Klik selesai, untuk keluar dari menu. 


Kemudian kita bisa bayar lewat Virtual Account BNI, atau bisa juga di Mandiri, BNI, Bank Jateng dan kantor pos. Lalu kita lakukan pembayaran dengan kode bayar tersebut. Kalau kita memakai internet banking lebih mudah dan cepat. Pengalaman saya tidak sampai 1 menit buat bayar pajak hehehe dan gak perlu ke ATM, cukup dari rumah saja. Lalu gak punya internet banking gimana? Tenang saja kita bisa kok bayar pakai atm.

Cara Cetak Surat Keterangan Pajak Daerah (SKPD) 

Hebatnya aplikasi Sakpole ini, kita juga bisa mencetak sendiri Surat Keterangan Pajak Daerah (SKPD). Untuk memperoleh SKPD, kita tinggal datang ke mesin cetak SKPD di kantor Samsat terdekat. Setelah melakukan pembayaran, kita secara otomatis akan mendapatkan kode pembayaran yang bisa dilihat pada menu “Kode Bayar” di aplikasi Sakpole E-Samsat, lalu download bukti bayar.

Selanjutnya, mencetak SKPD secara mandiri dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Datang ke Samsat di Jateng terdekat, langsung menuju mesin cetak SKPD Mandiri Sakpole
2. Download QR code pada aplikasi Sakpole melalui menu bukti bayar
3. Lakukan scan QR 
4. Akan ada tampilan data kendaraan bermotor, jika sesuai pilih cetak
5. Proses cetak selesai dan SKPD dapat diambil. 

Berikut video cara cetak Surat Keterangan Pajak Daerah (SKPD)


Keren kan aplikasi Sakpole E-Samsat, dan ini dapat digunakan kapan saja, bayar pajak hari Minggu hari minggu juga bisa. Oh ya tapi aplikasi ini cuma bisa buat pajak tahunan ya, kalau sudah masa akhir STNK (5 tahun) kita mesti langsung ke kantor Samsat. Bayar pajak 5 tahunan kan kita harus ganti plat TNKB. Mungkin ada yang nanya kalau ganti TNKB itu jadinya berapa lama? Bila material ready, biasanya 1 hari langsung jadi kok plat nomornya. Agar mudah dan tidak bolak balik pergi ke Samsat, monggo tanyakan langsung sudah jadi atau belum ke Samsat terdekat dimana anda tinggal melalui akun twitter dibawah ini.


Tentu saja dengan layanan aplikasi Sakpole E-Samsat akan memudahkan masyarakat Jawa Tengah yang bepergian jauh atau terkendala waktu untuk bisa membayar pajak kendaraanya. Jika ada kendala atau kesulitan kalian bisa ke menu PANDUAN yang ada dalam aplikasi. Dan bila masih bingung juga bisa hubungi kontak twitter tim Sakpole: @pic_sakpole atau melalui Whatsapp dan nomor Whatsappnya ada di profil twitter Sakpole.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    1 Response to "Cara Mudah Bayar Pajak Kendaraan dari Rumah Dengan Aplikasi Sakpole E-Samsat"

    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      ReplyDelete

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Followers